Tips buat calon MABA yang puasa gada kerjaan

7/26/2012


Buat sebagian orang mungkin menjalankan puasa hampir full berada dirumah seperti mimpi yang terlalu wah untuk jadi kenyataan. 
Tapi buat anak-anak SMA/SMK -yang baru aja tamat yang sekarang lagi nunggu akhir agustus atau awal september untuk memulai kuliah-  menjalankan puasa dirumah memang bukan mimpi. Bahkan calon maba semua sudah mulai berasa libur setelah UN terakhir.
Kali ini gue mau ngasih tips buat calon MABA yang menjalankan puasa dirumah biar puasanya ga kerasa atau paling enggak berkurang. Cekidot ya

  • Berselancar didunia maya


Ini mungkin salah satu cara Anda ngabuburit atau sekadar menghilangkan rasa lapar yang mulai menganggu. Pernah denger ga ? Ada orang sukses diet karena dia aktif di twitter dan saling menyemangati orang yang juga sedang diet. Berarti aktif didunia maya ada baiknya apalagi selama puasa ini.
Mungkin kegiatan ini yang paling membuat tubuh Anda kurang gerak, dan lagi-lagi seperti saya kutip di harian republika bijaklah menyikapinya.

  • Jalan-jalan atau buka bersama dengan teman-teman


Buka puasa memang menyenangkan apalagi dengan teman yang membuat suasana penuh canda. Terlebih bagi calon maba yang sudah lama tidak bertemu dengan teman-teman semasa SMA atau SMK kemarin buka bersama menjadi obat kangen yang mujarab.
Ada baiknya jangan hanya buka puasa aja sebelum buka puasa selingi dengan berjalan-jalan bersama terlebih jika bisa bercanda gurau ditaman. Mempererat silaturahmi dengan cara seperti ini mungkin sangatlah bijak.

  • Ikut komunitas


Ikut komunitas sangat dianjurkan bagi Anda yang menginginkan memiliki teman baru, terlebih teman yang memiliki hobby atau ketertarikan yang sama. 
Komunitas apa sih yang sedang hits ? Kalian pasti tahu lah, yang open mic itu loh. Ini komunitas yang tidak mengharuskan anggotanya bisa ngelawak, kita bisa kok cuman ikut komunitas ini hanya jadi penonton. Komunitas juga termasuk wadah yang baik bagi Anda yang ingin mengasah keterampilan Anda atau membuat ketertarikan (mungkin) bisa menjadi bisnis. 
Disisi lain, komunitas juga punya jadwal yang tetap untuk berkumpul nah bisa jadi nambah pahala silaturahmi juga kan. Inget saat puasa , pahala dilipatgandakan loh

  • Menjalankan hobby


Hobby kalian apa ? Tau kan hobby bisa nguras waktu ampe enggak berasa ?
Ada baiknya Anda mulai menyerius kan hobby Anda khususnya selama bulan puasa seperti sekarang. Selain membuat puasa enggak kerasa menjalankan hobby juga bisa mendatangkan kesenangan. Bisa dapet pahala malah, lah darimana dik? Ya ikut lah komunitas yang memiliki hobby yang sama kan dapet pahala silaturahmi.
Bagi Anda yang belum memiliki hobby, coba deh Anda gali apa yang menjadi kesukaan Anda. Kalo binggung berikut beberapa hobby yang bisa Anda geluti :

1 Stand up comedy (red- open mic) 
2 Ngumpulin potongan-potongan surat kabar yang dianggap menarik
3 Menulis dimedia manapun
4 Mencoba bisnis (mungkin)
5 Memancing
6 Membaca Buku, koran atau yang lainnya
7 Jalan keliling daerah Anda
8 Ngeblog, main kaskus atau yang lainnya
9 Coba-coba Bikin lagu
10 Berlatih main alat musik, (kalo udah bisa coba alat musik yang lain)
11 Nonton dvd
12 Bagi tamatan STM ada baiknya iseng-iseng memperbaiki motor sendiri
13 Membaca al-qur'an (pahalanya enggak kira-kira loh)
14 Ke pantai menikmati ombak
15 dll


  • Tidur malam bangun siang, kalo bisa sore

Pernah denger kan kalo tidurnya orang yang berpuasa itu di anggap ibadah. Soo, ketika kegiatan paling gampang itu dianggap ibadah ada baiknya kita memanfaatkannya dengan maksimal. Memang tips itu kurang bijaksana tapi bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan hari puasa dengan merasa laper yang mengganggu ada baiknya Anda ikuti saran saya.
Tapi saya baru baca di republika hari selasa (24/07). Malas gerak menjadi penyebab kematian yang hampir setara dengan perokok aktif. Jadi, bijaklah menyikapi saran saya :D

Baik, sekian dari saya. See you

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon