Tips Menghadapi UN SMA 2013

3/29/2013
Tips Caur Menghadapi UN SMA 2013
Wih, bentar lagi si Anak Unyu mau melalui ujian maha dahsyat nih di bulan april nanti. Yap, UJIAN NASIONAL itu lah namanya. Nama yang mungkin anak unyu seIndonesia takuti khususnya buat anak kelas 3. 
Yah, walaupun bukan satu satunya patokan buat lulus SMA tapi paling tidak UN tetaplah momok bagi siapapun tak terkecuali kalian si anak Unyu.
Gue mau berbagi sedikit tips UN yang mungkin sedikit ada manfaatnya bagi kalian dan banyak mau bazirnya buat kalian yang membaca. 
Mungkin, Judul post ini adalah kata kunci yang paling banyak di Cari di google akhir2 ini khususnya bagi anak SmA kelas tiga. oke enggak usah banyak cingcong kali ya, inilah sedikit tips nya, dari gue dicky renaldy si coker (cowok keren). Enjoy 
Oia, dengan berat hati terhitung mulai UN-2013 kode2an dengan teman sekelas saat UN berlangsung di tiadakan

#paket dua puluh dan sekelas isi 20
  • Jangan lakuin ini tepat sebelum UN
Hm, kalian mungkin udah tau dong. Kalo tepat sebelum UN jangan cari masalah ama pacar ya karna kalo pacar ampe ngambek bisa di pastiin dong pikiran kalian akan terbagi pas UN nanti. Selain ama pacar kalian juga jangan cari masalah ama satpam entar enggak boleh masuk gerbang loh.
Terus jangan juga tuh ngebut-ngebutan pas kalian berangkat dari rumah, selain gue takut kalian tabrakan atau lain hal di jalan, posisi duduk juga enggak bakalan berubah walaupun lu dateng duluan, kalo posisi kalian duduk tepat depan meja pengawas ya tabah aja enggak usah ngebut segala demi bisa duduk dibelakang. Oia, pas UN jangan telat, usahakan berikan waktu sekitar 15menit sebelum kalian diperbolehkan masuk kelas tujuan nya biar kalian agak sedikit tenang aja si.
Selain jangan ngebut dan berantem ama pacar sebelum UN
Lu juga jangan ampe ya bikin ortu kesel karna kita perlu doa nya ya paling enggak pas kita menjalani UN dan selepas pengumuman deh. Kalo udah pengumuman dan kalian positif sebagai peserta coret2an baju sekolah, kalian boleh deh bikin nyokap atau bokap kesel lagi, #ups

  • Jangan LUPA lakuin ini seminggu sebelum UN
Oke, ini adalah point paling penting karna seminggu sebelum UN kalian harus yakin materi apaan aja yang kalian kuasai jadi tepat seminggu sebelum UN lakuin dah evaluasi evaluasi materi apaan aja yang paling nempel di tuh otak. 
Biar pas UN kalian tahu tipe soal apaan aja yang kudu kalian kerjain duluan. Dengan tahu soal yang paling kalian kuasai dan mengerjakan nya terlebih dahulu kalian bisa mengalokasikan waktu buat soal yang agak sulit buat kalian. 
Jadi menurut penulis lebih baik kalian meng-scan soal dan mencari yang mudah dan mengerjakan nya.  Daripada kalian pusing dengan soal dan diam di soal tersebut terlalu lama ada baiknya hematlah waktu dengan cara kerjakan yang lain. Lalu jika kalian penasaran dengan hasil jawaban kalian yang ternyata beda dengan kunci jawaban (itupun kalo dapet, 20 paket men) Udah lebih baik samain aja ama yang di kunci #ups,
pointnya adalah : Kerjakan Yang lebih mudah dulu, Jangan berhenti terlalu lama di soal yang bikin penasaran, dan latihan sebanyak mungkin (agar tipe soal yang dikuasai bertambah)
  • Lakuin ini dua minggu sebelum UN

Ingat lah, petuah paling tua yang mungkin kalian udah tau. Ya, 
sebarkan kalimat (masuk bareng ya keluar kudu bareng dong)
paling enggak ucapkan petuah ini ke orang yang menurut kalian kepadatan otaknya melebihi kalian atau bahkan melebihi istri kalian eh maksudnya temen kalian yang lain gitu, selain kalimat sakral itu 
Kalian juga kudu ni mulai rajin tuh kerjain soal prediksi UN dan kerjain sebanyak mungkin prediksi soal tiap mata pelajaran. Dan jangan lupa selain USAHA kalian juga kudu DOA biar usaha kalian di ridhoi oleh tuhan. Tapi, inget segala hal yang berlebihan tentu enggak baik, jangan terlalu sering ngerjain soal. Usahain nih dua minggu menjelang UN, lakuin olah raga ringan yang sifatnya menyenangkan bukan memberatkan seperti joging pagi gitu, selain sehat kalian bisa tuh menghirup udara pagi yang segernya sampe tumpe tumpe #KorbanIklan
Oia khusus cowok jangan sering olah raga tangan deh (if you know what i mean) ya gue si enggak nemu aja alasan nya ya jangan sering2 aja takutnya kaya rokok adiktif, bikin nagih gitu.
Khusus cowok lagi dua minggu sebelum UN atau beberapa hari sebelum UN rambut jangan ampe bisa di jambak. KENAPA ? Karna gue ngalamin untuk sebagian orang berpikir itu bisa bikin kepala gampang panas nah rambut yang gondrong tentu mempercepat pemanasan tersebut, daripada kalian lebih fokus jambak kepala--karna kalian bingung kenapa materi itu enggak nyantol-- ketimbang ngerjain soal gimana ?
Nanti waktunya kemakan banyak LOH
  • Jangan LUPAin ini, pas ngerjain UN
Nih tuh buat kalian yang udah di depan kertas yang bakalan nentuin kalian bisa masuk PTN atau enggak (denger2 si gitu). Jangan lakuin hal hal yang bakalan menganggu ke khusyukan temen atau kalian sendiri. 
Seperti usahakan pas UN jangan lagi pilek, kalo terpaksa saat malam sebelum UN pilek minum obat aja. abis itu tidur insya allah ilang tuh pilek. Jangan banyak banyak juga takutnya tuh mata enggak bisa melek lagi paginya.
Terus pas Ngerjain soal jangan lupa itu tuh soal bukan koran atau novel yang cuman dibaca enggak dikerjain. 

Oke udahan ah, mau ramein twitter dulu #eh

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon