Kesimpulan gue tentang "Kuliah" 2

9/22/2012
Di pagi buta tanggal 22 september 2012 di temani oleh streaming genfm dan minuman dingin teajuz di tambah perut yang sedikit mules, gue pun memutuskan buat kembali menulis tentang dunia yang baru aja gue geluti hampir empat minggu.
*anjrit kok lebay amat pembukaannya ??

Apa si yang kalian pikirkan tentang kuliah ??
Kalo dulu si yang terpikir oleh gue ya baju bebas kadang sering gada guru *eh dosen gitu, lalu kadang bisa jalan2 ke mall tanpa malu dengan seragam karena baju udah Mall Ready. 
Terus semua berubah.
Baju Bebas ? Enggak karena gue di prodi calon guru
Dosen Keluar? Iya tapi kalo dia di tengah2 gimana ? Maksudnya ketika suatu saat kalian ada tiga matakuliah dari jam 8 pagi sampe jam 1 lah kira-kira nah kalo misalkan dosen kalian itu enggak dateng dan dia itu di pelajaran kedua, mau enggak mau kalian harus nunggu, ya ga apa apa kalo yang rumah atau kost kost an nya yang deket ama kampus nah kalo rumah kalian jauh gimana ? Lalu secara sial temen kalian yang ngekost lagi musuhan ama kalian atau lebih sial lagi gada yang ngekost di kisaran kampus ? Itu sial banget kan.
Sebagian mahasiswa menyiasatinya dengan mengerjakan tugas kelompok atau tidur2an di musollah.
Berikut kesimpulan gue tentang kuli-ah.

Untuk awal-awal kalo ada yang kalian benci jangan diperlihatkan kalo ga mau serba sendiri
Dulu gue masih inget ketika awal-awal SMA kalo enggak salah gue benci banget ama orang yang paling heboh di kelas, alhasil gue kudu menjauh darinya yang sialnya juga menjauh dari semua lelaki yang ada dan kalian bisa simpulkan dong kalo kalian melakukan hal bodoh kaya gue. Jadi saran gue tuh ego kalo masih awal-awal jangan di peduli in aja dulu. Ya itu si seterah kalian juga mau terlihat aneh atau mengorbankan ego kalian.


Pantes aja Mahasiswa jarang demo sekarang wong sibuk ama tugas

Lu tau, gue yang cuman delapan matakuliah aja untuk semester ini udah terkubur dengan materi pembelajaran yang bejebun (entah bahasa apaan itu). Dengan 8matkul gue mau enggak mau memiliki 8 kelompok yang orangnya belum tentu itu lagi itu lagi dengan sikap dan kerajinan yang gue belom tau. Oh iya pointnya belom gue jelasin ya ?
Gini terakhir ngeliat mahasiswa demo itu kapan ya ?
Kalo ga salah ada tuh siregar yang bakar diri di depan istana negara yang menuntut HAM? Inget atau tau enggak ? Perasaan gue itu yang terakhir gue denger tentang mahasiswa yang turun ke jalan dan itu paling enggak sebelum puasa tahun ini.

Jadi kalo tugas udah mengisi hampir setengah pikiran mahasiswa apakah masih ada yang mikirin rakyat sekitarnya ? Yang ada mereka mikirin bayaran udah mahal kalo ga lulus cepet itu rugi. So, biginilah mahasiswa sekarang.

Kuliah = Membuat mata kalian ter manja kan (khusus cowok, mungkin)
Oke ini point paling parah yang bisa gue ambil dari kuliah yang hampir  empat minggu gue lalui. 
Kalo kalian kuliah ditempat yang enggak terlalu mengharuskan para mahasiswa/i 'berseragam' pasti akan keluar si 'gaya kena' dan 'enggak banget'.
Sebenarnya jadi mahasiswa 'cakep' itu ga kudu cakep yang penting kalian punya gaya yang cocok dan enggak berlebihan atau yang gue sebut si 'gaya kena' bukan terlalu berlebihan atau bahkan terkesan seperti tante tante yang gue kasih nama si 'enggak banget' 
Kedua predikat itu ga bakalan susah kalian temui di kampus kok

Kalian ga bakalan di ejek kok kalo kalian selalu sendiri
Enggak tahu kenapa ada sebuah kebiasaan yang disadari atau enggak di beberapa kesempatan ada orang yang selalu atau kadang terlihat sendiri. Ini keluar karena si mahasiswa udah mulai ngerasa waktunya kebuang banyak kalo kudu ngumpul dulu kalo mau kemana-mana. Dan catatan nya = ITU NORMAL

Banyak yang berubah, bertambah dan hilang
Iya banyak banget yang berubah dari dunia kuliah bahkan si pengajar yang dari playgrup di kasih nama guru dan seketika itu berubah di perkuliahan ya kalian tau kan namanya jadi apa?
Lalu PKN itu salah satu mata pelajaran kan dari SD sampe SMA ? Nah walau sama-sama PKN tapi di dunia kuliah dia berubah menjadi mata kuliah entah kenapa, apa maksudnya
Terus pemimpin kelas itu kalo di sekolah di kasih nama ketua kelas kan? Bukan ketua siswa ? Nah entah kenapa di kampus itu berubah jadi ketua mahasiswa. Biasanya yang namanya ketua kelas itu kan sebagai 'pembantu halus' kelas, dia yang ngurus misalkan guru gada, manggil guru atau pekerjaan paling di benci seluruh kelas di kerjakan oleh ketua kelas kalian tau apa ? Nanya tugas kalo guru ga bisa ngajar. Biasanya untuk anak2 caur itu ketua kelas pasti di bully langsung deh. Tapi di kampus ketua mahasiswa tidak sepenuhnya menanggung semua itu. Seperti memastikan dosen datang atau tidak, lalu menanyakan tugas jika dosen absen dan kadang malah kudu nyari kelas itu di tanggung oleh Penanggung Jawab. Biasanya si satu MatKul di tanggung satu hingga dua orang.
Terus ada yang ganti nama atau lebih tepatnya hilang, apa itu ? Kalian ga akan menemukan wali kelas di kampus yang mengatur segala hal yang butuh intervensi orang dewasa. Di kampus kalian akan menemukan Pembimbing Akademik dan kadang satu kelas punya 2-4 dosen pembimbing. So, wali kelas hilang sudah.
Semoga enggak terdengar membosankan 

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon