Visi Guru Pengerak

9/21/2023



Saya memimpikan murid-murid yang nyaman dalam mengeksplorasikan diri, artinya dia tanpa ragu menunjukkan keahlian dirinya di depan teman dan saya sebagai guru bisa menfasilitasi apapun minat, bakat, dan keahlian murid.

Saya juga memimpikan murid yang bisa mengeluarkan kritik dan saran, artinya dia dapat mengkontruk/membangun gagasan dari pengalaman-pengalaman pembelajaran yang pernah dilalui dan mengutarakannya kepada orang lain.

Menghargai perbedaan di sekitarnya maksudnya adalah menjadikan perbedaan sebagai sebuah keindahan bukan pembeda antara satu sama lain.

Pembelajar sepanjang hayat artinya dia memiliki pemahaman bahwa manusia harus selalu belajar demi menyamai kodrat alam dan zaman.

Saya percaya bahwa murid adalah punya bibitnya sendiri, saya sebagai pendidik hanya memudahkan murid dalam menemukenali minat, bakat, dan keahliannya. Saya tidak bisa menuntut jadi apa murid kedepannya saya hanya bisa menuntun agar murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Serta mandiri, dan peduli lingkungan.


Sehingga visi saya adalah:

Menciptakan murid yang Berekpresi, Mengkritisi, Menghargai Perbedaan, Pembelajar Sepanjang Hayat, Mandiri, dan Peduli Lingkungan

Bagaimana saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik?

Setelah menjalankan skema BAGJA saya menjadi yakin bahwa prakarsa perubahan saya menjadi sangat mungkin untuk digapai dan bukan sebatas VISI yg sukar terlaksana karena dijabarkan secara sederhana dan runtut tiap langkah


 

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon