Imajiku Tentang Murid Masa Depan

9/26/2023

Saya memimpikan murid-murid yang nyaman dalam mengeksplorasikan diri, artinya dia tanpa ragu menunjukkan keahlian dirinya di depan teman dan saya sebagai guru bisa menfasilitasi apapun minat, bakat, dan keahlian murid. 

Saya juga memimpikan murid yang bisa mengeluarkan kritik dan saran, artinya dia dapat mengkontruk/membangun gagasan dari pengalaman-pengalaman pembelajaran yang pernah dilalui dan mengutarakannya kepada orang lain. 

Menghargai perbedaan di sekitarnya maksudnya adalah menjadikan perbedaan sebagai sebuah keindahan bukan pembeda antara satu sama lain. Pembelajar sepanjang hayat artinya dia memiliki pemahaman bahwa manusia harus selalu belajar demi menyamai kodrat alam dan zaman. Saya percaya bahwa murid adalah punya bibitnya sendiri, saya sebagai pendidik hanya memudahkan murid dalam menemukenali minat, bakat, dan keahliannya. Saya tidak bisa menuntut jadi apa murid kedepannya saya hanya bisa menuntun agar murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Serta mandiri, dan peduli lingkungan.

Di sekolah, saya mengutamakan kebebasan murid dalam berpendapat, bahwa salah adalah memang sudah sewajarnya dalam pendidikan. Bahwa dalam pendidikan seharusnya diisi dengan serangkaian kesalahan sehingga murid akan belajar dari kesalahan yang mereka buat sehingga pengalaman belajar semakin berkesan. Murid di sekolah saya sadar betul bahwa ilmu yang dia dapat bukanlah untuk orang lain, namun demi dirinya sebagai pondasi dalam menjalani masa depan yang lebih baik.

Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk selalu mengutaman murid sebagai objek sehingga menjalankan pendidikan yang berpihak pada murid. Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa sebagai pendidik kita hanya mampu memancing murid dalam pengembangkan diri, keputusan akhir tetap pada diri murid sendiri.

Menciptakan murid yang Berekpresi, Mengkritisi, Menghargai Perbedaan, Pembelajar Sepanjang Hayat, Mandiri, dan Peduli Lingkungan - Visiku (Dicky Renaldy) 

Harapanku Untuk Muridku adalah menjadi murid yang siap dalam menghadapi kehidupan di masa depan dan mampu bersaing. Harapanku untuk rekan pendidik adalah menjadi pendidik yang selalu mengutamakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Harapanku untuk komunitas sekolah adalah saling memberi support baik materi, maupun nonmateri. Harapanku untuk daerah dan bangsa-negara Indonesia menjadi negara yang bisa berpijak pada kakinya sendiri. 

Saya memiliki keyakinan bahwa setiap sekolah punya satu tujuan yakni menciptakan murid yang mampu bersaing di masa depan.  Namun saya juga berkeinginan bahwa murid di sekolah saya memiliki fasilitas ekstra dalam menghadapi tantangan dimasa depan. Peranan para pemangku kepentingan disekolah adalah memberi dukungan baik material maupun nonmaterial  dalam mempersiapkan murid menghadapi tantangan di masa depan.



Bekasi, 26 September 2023
Dicky Renaldy



Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon