Coaching Untuk Supervisi Akademik

11/22/2023



Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan yang muncul tiap kali jadwal supervisi keluar adalah gelisah dan panik dikarenakan ada rasa takut terlihat gagal, takut tampak seperti guru yang tidak profesional, atau perasaan menakutkan lainnya. Perasaan tidak nyaman itu muncul terus sampai supervisi selesai.

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Selain cemas, pengalaman yang paling berkesan adalah saat kepala sekolah mengapresiasi bahkan yang bagi saya pribadi hal tersebut tidak perlu dibanggakan. Selain itu dengan di observasi maka saat mendapatkan apa yang kurang sehingga perlu diperbaiki, dan apa yang bagus untuk terus dipertahankan

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Dilaksanakan secara sistemik, artinya format yang di supervisi jelas, mana yang perlu diperhatikan selama supervisi, dan kehadiran penuh sang supervisior. Lalu dialog paska supervisi yang berisi apapun yang bisa di apresiasi dari pihak yang diamati dan kritik serta saran yang dapat mengembangkan nilai profesionalisme pengajar.

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Sekitar 6 dari 10

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Kemampuan mengapresiasi orang lain dalam segala kondisi dengan membangun kalimat yang efektif

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini? Menjadi pihak yang dapat mengapresiasi dan mengamati dengan maksimal

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini? teknik supervisi yang baik. Menjadi supervisior yang tidak menakutkan kehadirannya namun tetap dihormati

Bagaimana peran Anda sebagai seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di paket modul 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?

Sebagai seorang coach kita harus dapat memahami jawaban coachee yang sedang di coaching agar prosesnya berjalan maksimal. Kapan harus memberikan pernyataan yang menaikan harga diri dan kapan waktu yang tepat memberikan pertanyaan terbuka agar coachee dapat mengekplor agar dapat menyelesaikan masalahnya.

Dengan PSE kita diajarkan untuk memperhatikan Sosial Emosional itu sangat penting dan Pembelajaran Diferensiasi terdapat pemahaman bahwa harus terjadi perbedaan tindakan coach dalam coaching tiap coachee yang berbeda.

Bagaimana keterkaitan keterampilan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin  pembelajaran?

Dalam proses coaching sangat erat kaitannya dengan filosofi KHD yang berpihak pada murid yakni Proses coaching sebagai komunikasi pembelajaran antara guru dan murid. Murid diberikan ruang kebebasan untuk menemukan kekuatan dirinya dan peran pendidik sebagai pamong dalam memberi tuntunan dan memberdayakan potensi agar murid tidak kehilangan arah.

REFLEKSI DIRI

Dalam proses coaching sangat erat kaitannya dengan filosofi KHD yang berpihak pada murid yakni Proses coaching sebagai komunikasi pembelajaran antara guru dan murid. Murid diberikan ruang kebebasan untuk menemukan kekuatan dirinya dan peran pendidik sebagai pamong dalam memberi tuntunan dan memberdayakan potensi agar murid tidak kehilangan arah.

Dalam penerapannya saya dihadapi anggapan oleh murid bahwa sebagai guru kurang memahami pembelajaran karena semua kembali lagi ditanyakan kepada murid, sebagai seorang guru tentu hal tersebut menyakiti hati. Namun tentu dalam setiap perubahan ada ketidaknyamanan. Namun guru hanya perlu membiasakan untuk juga melakukan coaching kepada murid agar tergali potensi maksimal tiap murid. 

Saya sudah memahami bahwa di kurikulum ini pendidikan harus berpihak pada murid dan tiap modulnya saya diberikan cara atau langkah agar semakin atuh berpihak pada murid.


Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon