Mau masuk PGSD-UNJ ? Baca ini dulu..

3/01/2013
Lorong lantai 3
Oke, enggak usah basa basi kali ya. Ini adalah sedikit Fakta tentang PGSD UNJ yang dapat saya simpulkan setelah satu semester lebih dikit berkecimpung disana.
Mungkin kalian sudi membaca posting tentang Kesimpulan gue tentang "Kuliah" atau Kesimpulan gue tentang "Kuliah" 2 kedua post ini adalah kisah awal gue di Sana. Atau  Breaking News.




Kelas C - 2012
Kelas nya orang orang autis dikit
  • PGSD UNJ jurusan yang punya Gedung sendiri, LOH
Ini adalah gedung PGSD + parkiran di depan nya.

PGSD punya gedung sendiri. Paling enggak kalian kalo rebutan kelas ya berebutan sama temen se-jurusan. Gedungnya bekas peninggalan SPG 1. Ukuran gedungnya saya enggak tau pasti, menurut perkiraan saya sekitar 20mx100m an. Dan PGSD ketika sore hari (apalagi menjelang hujan) suasananya adem sekali, karena banyak pohon jadi banyak angin deh.
  • Ada istilah PJ, KM dan Ganti Jam
PJ singkatan dari Penanggung Jawab, dia adalah orang yang yang memastikan dosen datang atau tidak, mengabsen mahasiswa, dan jika ada tugas dialah (harusnya) orang yang paling ngerti. Dia juga pusat informasi akan suatu MK. Berat nih kayanya. Tapi enak kok jadi PJ, bisa kenal, dan akrab dengan dosen. Di beberapa MK bahkan dosennya menjamin A untuk PJ-nya, yang paling enak jadi PJ adalah jikalau ada perlu TTD dosen mintanya enggak begitu sungkan.

Kecuali mahasiswa akhir ye. Mahasiswa akhir mah walau enggak akrab sama dosen tetap saja minta. Wong butuh.

KM adalah ketua mahasiswa, saya tidak begitu paham inti tugasnya apa. Tapi PJ dan KM harus berakselerasi dan harmonis (cik ella). Di lain Pihak KM juga penentu segala keputusan di kelas dan memimpin kelas.

Ganti Jam, adalah pindah jam dari jadwal asli yang sudah di berikan oleh jurusan. Karna satu dan lain hal, bisa karna terlalu sore atau karna dosen yang ada keperluan lain. Ini lebih familiar untuk anak-anak non snmptn (non reg) karna yang saya perhatikan jarang sekali anak snmptn pindah jam, kebanyakan emang jadwal asli.

Ganti jam bisa berlangsung untuk satu semester atau untuk beberapa pertemuan saja.

NB: Karena sekarang musim PLPG akhirnya sering banget tiap awal semester jadwal perkuliahan enggak stabil. Artinya tiap MK enggak punya jadwal pasti. Sian emang mahasiswa, tapi kita mah apa atuh.
  • Pindah kelas? Sah Sah aja kok
Perlu kalian tahu PGSD itu di paketin perkelas untuk jadwal MK nya, tapi kalau satu atau dua diantara kalian mau pindah si sah sah aja, asal di kelas tujuan masih ada space (batas max perkelas 40) dan diijinkan sama kelas asli. Alasan pindah kelas si beragam tapi yang mayoritas karna dosen nya enggak asik perihal nilai. TAPI, enggak enaknya jadi makhluk asing di kelas orang lain adalah kalian merasa berada di dunia yang bukan tempat kalian seharusnya berada, elah.

Semester 5, dan 6 ada peminatan. Pas angkatan 2012 si kalian masih bebas milih mau masuk peminatan apa. Tapi mulai angkatan 2013 peminatan resmi berubah nama menjadi Penyeleksian Bakat dan Minat. Kenapa bisa gue bilang begitu? Karena kalian akan di seleksi berdasarkan nilai kalian lebih cocok masuk ke peminatan apa. Mungkin kejadian ini muncul karena jumlah salah satu peminatan yang gede sendiri dibandingkan peminatan lain pas zaman saya semester 5.

Paketan MK hanya sampai semester 6, mulai semester 7 kalian akan sedikit kuliah tatap muka nya. Hanya 1 atau 2 MK saja. Selebihnya kalian akan dipusingkan dengan proposal penelitian, Seminar Usulan Penelitian (SUP) - Sekarang dikenal dengan Sempro= Seminar Proposal, Ngajar di sekolah (PKM), Sidang Skripsi dan mulai mikirin mau nikah sama siapa.
  • Lingkungan nya nih

INILAH PGSD via Google Street

1 Sekolah Lab PGSD unj
2. Jurusan PGSD
3, mushollah tercinta


 Nomer dua ini kalo dari bawah

PGSD UNJ berada di kawasan emas Jakarta, lokasinya juga lumayan sejuk. Banyak pohon yang rindang baik dijalan menuju PGSD ataupun di dalam PGSD UNJ sendiri

Oia di PGSD juga ada sekolah labolatorium, semacam Labschol Rawamangun. Tapi hanya untuk tingkatan SD dan sekolah tersebut juga sekolah inklusif (untuk anak berkebutuhan khusus). Lokasinya berada di belakang gedung PGSD UNJ.
Selengkapnya dalam video aja ya.




Update Januari 2016

Ruang perpus sekarang menjadi ruang sidang plus tata usaha
Ruang sidang menjadi Perpus
Ruang Tata usaha menjadi kelas biasa
Masuk Lobby engak ada tembok yang mengganggu
  • Senioritas? BIG NO
Di PGSD UNJ enggak ada kok budaya misalnya jika melihat senior harus sambil bersimpuh lutut, atau cium tangannya. Enggak ada juga tempat yang harus dihindari ketika jadi mahasiswa baru. Semua aman disini, PGSD terlalu bagus untuk tercampuri urusan begituan.
Bahkan ada senior yang dikerjain sama junior nya.. Agak songong emang
  • Kampus pelosok kurang terjamah
Lokasi PGSD UNJ dari UNJ Pusat (kampus pusat) bisa dibilang jauh, hal itu pula yang menjadi kendala pendistribusian informasi. Banyak banget informasi yang enggak sampe ke PGSD seperti acara-acara yang dilakukan di kampus pusat atau keterlibatan kita dalam acara kampus pusat maksudnya acara yang diadakan di kampus pusat jarang diadakan juga di kampus PGSD UNJ. Dengan lokasi yang jauh dari kampus pusat ini yang membuat segelintir mahasiswa PGSD UNJ malas berkecimpung di organisasi selain organisasi tingkat jurusan. Jaraknya itu sekitar 10km.
  • OSPEK nya? Enggak fisik kok
Untuk OSPEK (atau dinamakan Masa Pengenalan Akademik) untuk pgsd sendiri tidak ada penyiksaan fisik sama sekali, selama MPA (sekitar 3 hari) kita selalu di hadirkan pembicara pembicara yang memotivasi, ya walau agak bosen sih.

ups

Ospek di bagi 3 bagian 
Briefing yakni selang beberapa hari setelah semua jalur selesai diumumkan tujuannya adalah memberi tahu apa yang bakalan dibawa untuk MPA (kebanyakan jurusan di UNJ si sistemnya gini)

Kalo PGSD plus PraBriefing
Jadi sebelum briefing (saat daftar ulang) kalian disuruh mendatangi gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Lantai 3 untuk menanyakan perlengkapan MPA yang dibawa pas BRIEFING. PGSD itu bagian dari FIP ya.

Oia, nama gedungnya juga menarik, kalian bisa menyebutnya dengan sebutan Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan atau Gedung Daksinapati. Karena jalan dilingkungan UNJ namanya Jalan Daksinapati dan gedung FIP termasuk sepuh disana.


Oia selain menanyakan segelintir perlengkapan pas briefing, di PraBriefing ini juga dipake oleh BEM Fakultas untuk memperkenalkan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat fakultas. Disitu kalian bakalan disuruh meminta semua STAMPEL UKM, setiap UKM bakalan memperkenalkan dirinya pas kalian minta stempel. Semacam pengenalan paksa gitu deh, eh.

Yang unik adalah saat MPA kalian akan disuruh menggunakan TAS anak SD. Ya kalian tau kan kayak gimana? Agak memalukan si apalagi buat yang gendut, hitam dan berotot kayak gue :(

Pembukaan dan Penutupan. Jelas dari namanya ini adalah untuk memulai dan mengakhiri masa MPA dan dilakukan serentak untuk Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta. Biasanya kedua acara ini diadakan di Gedung Serba Guna atau di Lapangan Veldrome yang terletak di Kampus B (Sebrang mol Arion)

MPA jurusan dan Fakultas. MPA jurusan adalah mpa yang dilakukan di jurusan, untuk pgsd sendiri mpa nya sangat enak kita bakalan seharian di aula pgsd sambil mendengar beberapa materi, saya lupa materinya apa aja. Begitu juga dengan fakultas hanya mendengar materi. Pokoknya selamat menjadi pendengar yang baik deh selama MPA


Catatan: MPA 2016 setahu saya hampir semua dipegang oleh dosen. Jadi pikirlah kayak gimana kegiatannya.
  • Deket Kemana - Mana nih
Taman Menteng, Monas, Senayan, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah Jakarta, HI, Kawasan Sudirman, Epicsentrum, Setiabudi Building, RS Mata Aini, GBK adalah beberapa tempat elit yang ada di Jakarta dan jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus PGSD UNJ. Ada juga mal setiabudi, KPK, kedubes Australia, Salemba udah pokoknya daerah mahal semua dah.
  • Fasilitas? 
Ehm, sebenernya enggak enak juga si ngomong ini tapi ya namanya fakta tetep harus di kasih tau,
PGSD punya sekitar 18 ruang kelas kuliah yang tersebar dilantai 2 dan 3, perpustakaan, TU, Ruang sidang, Macro dan Micro Teaching (ruang kuliah yang AC nya paling berasa), ruang musik, dan lab ipa yang terletak di lantai dasar.

Ruang dosen, lab bahasa, lap TIK (saya gatau ini masih dipake atau enggak), terletak di lantai 2. Dan aula, skema (markas) BEM, Kelas seni (memuat beberapa hasil seni karya mahasiswa) dilantai 3. 

Untuk WC tidak ada dilantai 3 atau lebih tepat tidak dibuka. Karna PGSD UNJ adalah bekas sekolah Belanda dan salah satu bangunan bersejarah jadi wc lantai 3 tetap dalam bentuk asilnya (bilik- cewek cowok di campur) mungkin menurut saya hanya agar tidak benar benar hilang semua fasilitas aslinya. Oia lantai 2 dan 3 beralaskan kayu yang menutupi beton. Di beberapa titik kalo kita injak suka menimbulkan bunyi.

Ukuran kelas normal, meja dan kursi menyatu (khas kuliah) ada piano di aula lantai 3, ada keyboard rada jadul di salah satu kelas lantai 2. 


Dilain sisi Listrik di PGSD sering turun dan enggak semua kelas ada AC nya, ditambah kampus kita enggak ada wifi nya atau lebih tepat ada tapi dengan password dengan cakupan yang ada di sekitar ruang dosen lantai 2. 

Terus notabene PGSD enggak punya kantin sendiri, yang ada hanyalah kantin umum yang juga di kunjungi oleh pekerja tapi jajanan nya enggak mahal mahal amat kok.

UPDATE (12 April 2014)


Karena ini saya tulis kisaran setahun yang lalu. Jadinya ada beberapa fasilitas yang sudah tidak seperti yang saya gambarkan di atas. Banyak perbaikan di PGSD UNJ
.

Listriknya? Udah enggak seperti dulu, sudah tidak pernah turun karena kurang daya, kurang lebih ini sudah terjadi awal tahun 2014.


AC? Sekarang enggak cuman micro dan macro teaching yang AC nya berasa, sudah ada beberapa kelas yang ACnya berasa daripada dulu, karena di semua kelas sekarang terdiri dari 2 AC yang lumayan dingin. 


Kurang lebih yang berubah hanya itu, nanti saya kasih tau lagi deh.
  • Tugas kuliahnya enggak Manusiawi, Kayanya
Tugas mahasiswa kebanyakan adalah presentasi kelompok (itu untuk menutup karna acap kali dosen pergi) beberapa dosen ada yang memberi nilai karna Ia benar-benar memperhatikan tiap mahasiswanya ada juga dosen nya yang meng ctrl+A semua mahasiswa nya dengan nilai A.


Kenapa enggak manusiawi? Perasaan Enak deh? Siapa bilang, tugasnya enggak gampang ditambah kita harus mempersentasikannya bahkan kadang harus memperdebatkan nya di depan kelas, disamping itu bisa kejadian satu hari kita tampil 2-3 kali di tiap MK yang kebetulan jadwal presentasi di hari yang sama.
  • Rute menuju PGSD UNJ (update tengah malam 28-12-2014)
Anggap aja gue tidak melakukan hal bodoh berupa udah  nulis panjang-panjang, eh ke back, dan tidak ada yang tersimpan tulisan gue sebelumnya

PGSD UNJ itu terletak dikawasan emas Jakarta, kita itu halaman belakang dari The Peak 1 dan 2, yang elu kudu tau adalah menara kembar tertinggi di indonesia,

Kalo lu gatau kita itu di dekat sevel setiabudi :p eh bukan kita itu bisa dibilang satu tembok sama SMA Negeri 3 Jakarta yang dulu adalah sekolahnya si nikita mirzani eh willi gitu.

Kalo masih gatau, PGSD UNJ deket polsek setiabudi. nah kalo masih gatau, yaudah cari tahu sendiri aja ya

Oke gue disini bakalan ngeshare beberapa rute yang bisa lu tempuh buat menuju ke bagunan bersejarah ini,
  • Buat yang naik kendaraan pribadi (lebih baik motor si, selain lu bakalan kena tri in one di jalan sudirman, atau di corek-coret temen sekelas lu, PGSD itu bakalan sempit ya parkirannya kalo lu bawa mobil).... pokoknya kendaraan pribadi bagi gue adalah cara terbaik menuju kampus, karena kalo naik angkutan umum itu lu kudu jalan, jauh pokoknya. Nah kalo naik kendaraan pribadi, lu bisa menuju ke arah hotel Four Season (iya tempat nginepnya si Juventus pas lagi ke Indonesia), nah setelah itu lu menuju ke arah SMA 3, ngelewatin polsek setiabudi, nah negok deh ke kanan jalan akan ada sebuah gedung bersejarah bertuliskan PGSD dengan logo UNJ akan menyambut anda


  • Buat yang naik Kereta lu bakalan di sebut Angker (anak kereta). Stasiun terdekat adalah stasiun sudirman, dari stasiun ke kampus lu 'cuman' perlu jalan sekitar 1km an. ya segitu deh, cape banget pokoknya gue pernah nyoba dan gue perhatiin buat yang naik kereta dan baru nyampe kampus gue liat mereka itu kayak abis perjalanan suci keliling jakarta deh, cape dan gamau disenggol. tampangnya itu kalo ga marah banget ya cengegesan karena cape banget. oia akses dari stasiun ke kampus gada angkot, selamat. naik kereta adalah pilihan paling cerdas buat yang milih naik angkutan umum, selain murah, tingkat pelecehan sejauh ini gada, kereta juga tingkat ngaretnya ga keterlaluan. Ini gue sarankan buat yang rumahnya ga jauh dari stasiun. Bayangin ajah dari stasiun sudirman ke stasiun kampung bandang (sekitar mangga dua) itu cuman 2000 perak, itu di awal desember gue naik keretanya, tapi gayakin juga bakalan tetep murah semenjak ganti presiden banyak yang naik si :(

  • Buat yang naik BUSWAY eh Transjakarta deh, tau kan beda nya? Buat yang milih naik TJ halte paling deket adalah Dukuh Atas 2 (dulu si sebelum si MRT di bangun lu bisa turun di halte setiabudi jarak ke kampus sekitar 300meter) nah dari halte itu gajauh dari stasiun sudirman artinya lu harus jalan sekitar 1km an. di tambah tuh halte kecil jadinya di halte itu sering banget penumpang ngantri busway sampe 150m bahkan sampe ke jembatan penyeberangan nya. ya harus sabar sabar deh kalo naik busway, udah nunggu nya lama, kalo macet ikutan kena macet juga, terancam dilecehkan juga, bisa berjam-jam, bisa berdiri berjam-jam. Tapi dari sekian banyak minusnya TJ menawarkan angkutan yang udah mengelilingi jakarta ini dengan biaya murah, gada yang ngerokok, bisa tiduran tanpa takut kecopetan.

nih gampang nyaaa pake peta ya,,

peta 1

agak di zoom
peta 1 di zoom

nih gue kasih penjelasan.



  1. merah dilanjut sama oren adalah perjalanan ke halte dukuh atas 2
  2. merah-oren-pink adalah perjalanan ke stasiun sudirman
  3. yang hitam adalah asumsi perjalanan motor dari arah manggarai
  4. kuning-hitam itu asumsi perjalanan motor dari arah tanah abang
  5. merah sedikit-ke hijau adalah asumsi perjalanan pulang dengan motor dari PGSD. karena ada di jalan depan pgsd itu one way
oia yang gue lingkarin di gambar peta yang pertama itu skala kalo lu kali aja mau ngukur gitu.

OKE SIP, SEKIAN DARI SAYA. See you


Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

54 kicauan

Write kicauan
Gita Ns
AUTHOR
7 April 2014 17.30 delete

kak masuk PGSD susah ga kalo gak lewat jalur snmptn?

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
10 April 2014 00.32 delete

jika dilihat dari statistik pgsd lagi susah susah nya ni. Bahkan untuk dua tahun terakhir lewat jalur snmptn kurang dari 2% pendaftar yang diterima. tapi tetap usaha ya, masih ada sbmptn kok :)

Reply
avatar
Aulia Tirta B
AUTHOR
11 April 2014 14.03 delete

Kak, mata kuliah pgsd susah2 gak? Apaan aja sih kak yg dipelajarin? :D

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
12 April 2014 22.02 delete

MK yang ada di PGSD adalah kebanyakan mata pelajaran yang ada di sd. ditambah dengan MK yang memperlajari hal hal yang mendukung profesi guru, seperti teori belajar mengajar, startegi pembelajaran, profesi kependidikan, dan saya lupa lagi

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
15 April 2014 18.46 delete

Jiahhh bkin liputan segala,, eeciiee,,, ada yg kurang nh ksh informasi ttg organisasi yg ada d PGSD dong kaya LLMJ nya yg sekarang udah maju trus BEMJ, MAF, sama Rumbel ceria nya..

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
20 April 2014 20.16 delete

oia organisasi nya belom gue masukin ya?? Nanti deh gue tambahin lagi,btw thanks ya. satu lagi kok pake anonim si, ga berani ya?

Reply
avatar
23 Juni 2014 13.21 delete

Kaa.. waktu belajarnya setiap hari?
And dari jam berapa sampai jam berapa? Bisaaa ngatur jadwal nggak ka ?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
17 Juli 2014 12.26 delete

Kak, kalau ekskul ke kampus pusatnya??

Reply
avatar
12 Agustus 2014 22.32 delete

good dik, makasih yah selama ini udah bantu adik-adik mahasiswa baru PGSD terkait info dik, semoga Allah membales perbuatan dan niat baik diki. amin...

Reply
avatar
auliya
AUTHOR
18 Agustus 2014 12.29 delete

Klo mau kekampus pgsd naik kereta arahnya kmn ya kak?

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
13 Desember 2014 01.40 delete

Telat ga si kalo gue bales sekarang?
Ke arah stasiun sudirman au. :)

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
13 Desember 2014 01.40 delete

Wih orang penting se pgsd nih yg komen

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
13 Desember 2014 01.43 delete

Namanya UKM. ukm nya tetap di kampus pusat. Kita cuman kuliah di pgsd. Pilihan organisasi di pgsd cuman BEM sejenis osis LLMJ pengawas bem MAF organisasi keislaman

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
13 Desember 2014 01.45 delete

Belajarnya si ga sampe ngelewatin magrib. Ya disesuaikan sama mk pada hari itu. Kalo sehari cuman dua ya misal masuk jam 8 pulang pas makan siang.
Ngatur menyesuaikan jadwal kosong kita ya? Enggak sayangnya

Reply
avatar
17 Maret 2015 17.42 delete

Blog walking. Blognya bagus.

Reply
avatar
7 April 2015 04.49 delete

Update lg ya kak.. :) Kalo boleh tanya nih dari daerah cipete arahnya kemana kak.. Aku didepan graha cipete jl.RS fatmawati kak.. Terimaksih sebelumnya

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
7 April 2015 23.17 delete

ke arah jalan Prapanca Raya, Lalu ke jalan Wijaya 1. Terus ke Kapten Tendean. Ke HR Rasuna Said. Gampangnya pake maps, dengan keyword "Jalan Taman Setiabudi I, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta"
Semangat mencari jalan nya yaaaa :-d

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
26 April 2015 19.36 delete

selamat bersenang senang di kerajaan saya Andi

Reply
avatar
9 Mei 2015 07.18 delete

Kak saya mau tanya. Saya dari jurusan ipa ingin masuk pgsd unj. Pada saat sbmptn saya harus memilih ipc atau langsung ips? Mohon bantuannya, terimakasih sebelumnya kak:))

Reply
avatar
dicky renaldy
AUTHOR
11 Mei 2015 23.10 delete

Nanti kamu milihnya ips ya. Semoga membantu

Reply
avatar
6 Agustus 2015 21.51 delete

klo dari d3 ke S.Pd di PGSD ada program ekstensi atau kelas karyawannya g kak?

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
8 Agustus 2015 20.25 delete

ulang dari nol. Tidak ada kelas karyawan. Kalo mau kelas karyawan sila ke universitas terbuka aja

Reply
avatar
Didik SBS
AUTHOR
1 September 2015 10.12 delete

Kakak jurusan PGSD diunj adakah kelas karyawan, dan masuk, biaya nya terjangkau tidak kk.?

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
4 September 2015 22.02 delete

unj tidak ada kelas karyawan,
kalo sekarang PGSD range nya dari 900-7JT persemester
pembagian nya berdasarkan penghasilan orang tua dan jalur mana masuk nya.

Reply
avatar
mia islami
AUTHOR
15 Desember 2015 11.01 delete

Kak doain saya ya mdh2an bisa jadi juniornya kaka haha

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
2 Januari 2016 08.45 delete

kalo kamu lulus sma 2016, kemungkinan saya udah lulus dek.
tapi kalo mau main-main bisalah ke rumah kakak aja @@,

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
2 Januari 2016 08.45 delete

tetapkan pilihan...
PGSD udah jauh lebih baik daripada yang saya gambarkan di atas

Reply
avatar
ariza bima
AUTHOR
3 Januari 2016 06.20 delete

Mantap dicky tulisanya, semoga terus menginspirasi ya! Coba nanti dibahas suka duka nya ngerjain skripsi di PGSD,haha

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
21 Maret 2016 11.55 delete

yah aku belom mengarap itu secara serius jadinya belom bisa berbagi deh

Reply
avatar
Nourma AS
AUTHOR
11 April 2016 22.09 delete

Kak tau jurusan PGSD yg ada disekitar bekasi/jkt yg ada kls karyawannya? Yg akreditasinya B? Mohon responya kak..

Reply
avatar
Nourma AS
AUTHOR
11 April 2016 22.10 delete

Kak tau jurusan PGSD yg ada disekitar bekasi/jkt yg ada kls karyawannya? Yg akreditasinya B? Mohon responya kak..

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
31 Mei 2016 10.28 delete

Sekali lagi saya katakan, pgsd unj tidak ada kelas karyawan.
Kalo sudah jadi guru dan ingin s1 pgsd silahkan coba di universitas terbuka. Setau saja dia banyak buka kelas jauh tergantung permintaan.

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
21 Juni 2016 15.12 delete

Kalo univ negeri mungkin bisa ke universitas terbuka (ut). Dia sering buka kelas jarak jauh.
Atau mungkin unisma (universitas islam 45 bekasi) daerah margahayu

Reply
avatar
30 Juni 2016 12.11 delete

Kak mata kuliah di jurusan pgsd susah susah gak si? Dan kakak itu ngejalanin kuliah pgsdnya ini enak gak? Tolong dijawab yah

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
1 Juli 2016 03.50 delete

perihal susah atau enggak kan tergantung orang nya mbak.
kalo kamu menikmati enak kok..

harus adaptasi aja sama lingkungan nantinya

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
29 Agustus 2016 22.15 delete

Inpiratif...
Utk kelas karyawan aku bs infokan. Ada di universitas trilogi kalibata jakarta utk prodi pgsd.

Info selanjutnya
Hub universitas trilogi pengembangan STEKPI. Prodi PGSD

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
26 November 2016 18.55 delete

Nah terima kasih mas/mba :)

Reply
avatar
17 Desember 2016 01.56 delete

Kak mau nanya dong, kalo pgsd lewat jalur snmptn itu yg diliat nilai rapot mata pelajaran apa ya? Soalnya nilai aku naik turun gitu hehe
Makasih sebelumnya 😀😀

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
4 Januari 2017 01.08 delete

Mata Pelajaran dalam lingkup IPS
(entah sekarang namanya apa)

Reply
avatar
Rifa Fauziyah
AUTHOR
16 Januari 2017 18.39 delete

kak mending PGSD atau pend. matematika yaa? trus aku kan anak ipa kalo ikut snmptn dilihatnya nilai pel apa yaa? makasih sebelumnyaa

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
23 Januari 2017 22.14 delete

'Mending' itu tergantung sudut pandang.

Misalnya peluang kerja
Melihat data bps jumlah sekolah di Indonesia (baik swasta maupun negeri)
SD 174,464 (S1 pgsd)
SMP 57,100 (S1 MTK)
SMK 13,695 (s1 MTK)
SMA 22,288 (s1 MTK)

Dengan asumsi setiap SD membutuhkan paling tidak 6 guru lulusan pgsd, sedangkan SMP, SMA, dan SMK dengan 4-5 guru bidang studi MTK.
Saya rasa peluang kerjanya lebih besar PGSD.


Untuk snmptn nilai yang dilihat tetap nilai dalam lingkup IPS (Matematika, Geografi, Sosiologi, Eko). Nilai-nilai lingkup IPA (Kimia, Fisikia, Biologi) nya tidak diperhitungkan.
Dan dilihat dari passing grade MTK UNJ, dengan PGSD UNJ masih lebih besar MTK UNJ.

Reply
avatar
Irvan Akbar
AUTHOR
5 Mei 2017 14.06 delete

kalau misalnya jalur sbmptn gak lulus jalur mandiri masih bisa gak kak ?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
29 Mei 2017 16.09 delete

Kak klo dari jalan pemuda ke kmpus pgsd jauh gak kak? Kalo naik TJ jurusannya kmana kak? Mohon bantuannya ya kak..

Reply
avatar
15 Juli 2017 14.28 delete

Kak, kata kk di semester 5/6 ada yg namanya peminatan, nah mapel yg bisa kita pilih itu kaya bhs indo mtk bhs inggris dll ya?

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
23 Juli 2017 01.18 delete

Maaf baru bisa dibalas.

Sangat bisa. Jalur mandiri itu ada untuk calon mahasiswa yang belum beruntung di jalur sbmptn.

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
23 Juli 2017 01.18 delete

Cari yang menuju ke Dukuh Atas.
Gampang kok dari pemuda, tidak perlu transit.

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
23 Juli 2017 01.19 delete

Tidak. Jika sudah menjadi karyawan saya sarankan ke Universitas Terbuka. Dia negeri loh.

Reply
avatar
11 Agustus 2017 14.11 delete

pgsd 1 angkatan jumlahnya ada brp orang kak?

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
9 Desember 2017 18.07 delete

Iya betul sekali monica

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
9 Desember 2017 18.10 delete

tergantung berapa banyak yang sudah tidak kuliah aktif (sedang menulis skripsi/lulus)

Reply
avatar

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon