Teruntuk Dicky Tahun 2016

2/29/2020

Hampir 4 tahun berlalu sejak kamu menuliskan surat itu, aku memang bukan yang kamu inginkan. Tapi, tidak ada yang melarangnya, kan?

Tahun ini kamu menginjak usia 26 tahun, empat tahun lebih tua dari surat itu. Kamu terlalu tua untuk nongkrong di cafe atau sekadar duduk tanpa memesan apa-apa di restoran fastfood. Tapi kamu masih suka sekadar kumpul tanpa tujuan apa-apa.Walau semakin kesini semakin sulit mangajak kumpul teman-temanmu. 

Empat tahun setelahnya, kamu masih memakai jenis pomade yang relatif sama. Pada tahun itu, kamu kira kamu pakai pomade karena rambutmu tipis kemudian kamu semakin sadar bukan karena itu, tapi karena rambutmu berantakkan, tidak bisa diatur hanya dengan sisir, apalagi tangan.

Pada tahun ini parfum mu bukan lagi refil, karena kamu pindah dan tempat ini tidak bisa memberikan aroma yang sama jadinya kamu berganti-ganti parfum. Mulai dari parfum zodiak miniso, AXE, ataupun parfum original yang kamu idamkan sejak lama (barang reject tapinya) 😉

Kamu gunakan secara random sesuai dengan ketersediaannnya di meja riasmu.

Setahun sejak kamu menulis di surat itu, kamu pindah ke IOS, bukan karena untuk meningkatkan status. Tapi karena kamu lebih suka hal-hal yang simple. Kamu juga sudah tidak tinggal di Priuk, kamu hidup mandiri di pinggiran kota. Orangtuamu pun sudah tidak tinggal di sana. Jujur, terkadang kamu rindu kendaraan berat yang sering kamu jumpai di sana, dulu.

Tahun itu kamu dipaksa keadaan untuk keluar dari tempat kerjamu. Masih menyakitkan memang, tapi kamu paham bahwa kamu memang harus mengalaminya untuk menjadi dewasa. Teman-teman kerjamu dulu juga masih sering mengajakmu berkumpul, tapi kamu lebih cenderung untuk menghindarinya. Kamu sudah berkali-kali berganti teman, sebentar lagi kamu juga akan kehilangan teman lagi. Kamu tau "people come, and go" tapi kamu masih tidak terbiasa akan hal itu.

Pada tahun itu kamu baru menyelesaikan skripsi, dan pada tahun ini bahkan kamu tidak bisa menemukan benda itu. Terakhir kamu lihat sekitar awal tahun 2018. Entah dimana sekarang.

Tahun itu kamu sedang kredit motor, tahun ini motornya tetap sama, belum ada keinginan untuk menggantinya, atau lebih tepatnya belum ada dana untuk menggantinya. Dulu kamu suka perjalanan jauh karena menikmatinya, sekarang kamu lebih  menikmati berlama-lama di tempat tujuan daripada diperjalanan. Tahun ini kamu baru menyelesaikan kredit laptop. Entah apa yang kamu pikirkan.

Orangtuamu masih sehat, walau harus sering-sering mengkonsumsi obat. Kamu jarang melihat atau berkunjung. Bukan karena sombong, tapi karena kamu menyukai kebebasan yang kamu punya sekarang. Bahkan kamu takut untuk ikut tes CPNS karena takut kebebasanmu direnggut.

Saya rasa itu yang harus Dicky 2016 ketahui.

Satu lagi, seharusnya mulai tahun ini kamu sadar bahwa kamu terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis.

Tidak banyak yang berubah selama empat tahun sejak surat itu. 
Ya, sungguh.

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon