Balada di Puncak Rantai Makanan

7/29/2011
Udah berapa bulan ya gue enggak bikin postingan baru, hasrat untuk nulis gue pendam seperti gue mendem rasa kagum gue buat seseorang (alah), enggak juga si. Udah sekitar dua minggu enggak posting jadi kangen juga uey, Mau nulis apa ya?, 
oia bentar lagi kan mau puasa gue mau minta maaf ya buat semua orang: buat yang kenal ama gue, atau yang pura-pura kenal ama gue, atau bahkan yang sepertinya berusaha buat lupa ama gue, buat siapa aja deh, terutama yang baca. 
Udah tiga minggu neh taon ajaran baru berlalu, dan sudah di pastikan kegiatan gue akan tambah sibuk aja, pulang sekolah gue harus udah ada di rumah biar enggak cape dan enggak terlalu pusing di jalan, lalu tiga hari per-minggu gue ikut bimbel buat SMPTN, gue juga rada bingung kenapa gue ikut bimbel buat persiapan menghadapi SMPTN padahal gue kan enggak akan ngambil SMPTN program IPA, tapi biarin aja deh, itung-itung gue berlatih buat bikin javasrict tapi nanti yang di ambil nilainya cuman ngedit poto (kayanya enggak nyambung deh?). Lalu memang kalo namanya udah di puncak rantai makanan atau di bilang kelas puncak otomatis bakalan selalu di ingetin ama yang namanya "UN" semua, selalu yang di bahas pasti un, lalu tiada hari tanpa muka cenggok karena pusing ama ruwetnya pelajaran, atau ruwetnya kehidupan. Oia inget-inget masalah UN gue jadi inget pertanyaan BK sekolah gue di kelas beberapa hari yang lalu tentang "apa tujuan belajar?" pas itu gue juga kebagian di tanya tapi gue malah jawab terkesan aneh, gue jawab dengan nada tegas "buat masa depan"
Dia sempet enggak denger jawaban gue, terus gue ulang. Lalu dia terkesan enggak menilai banget gitu jawaban gue, mungkin karena jawaban gue terlalu umum dan enggak ada inovatif sama sekali, tapi gue tau sekarang jawaban apa yang bisa gue kasih buat lebih inovatif, ya gue cuman bisa ngomong di sini aja deh..

Belajar itu buat kesenangan, pernah kan ngerasain gimana senangnya kalo lo tau apa yang kebanyakan orang ga tau. Jadi kalo lo tau apa yang semua orang udah tau itu namanya bukan belajar, tapi cuman menggugurkan kewajiban buat belajar. 
Yap itulah jawaban gue, kalian bukan 'belajar' kalo yang kalian tau cuman yang di kasih di sekolah doang, kalian harus tau hal-hal lain yang enggak kalian dapatkan di sekolah. Bisa dari ribuan buku di rak-rak perpustakaan, atau ribuan website pengetahuan atau ribuan posting di blog-blog, apapun itu, bisa pengetahuan eksak atau pengetahuan umum. Tapi menurut gue kalian enggak perlu tersiksa lagi deh buat nyari yang eksak-eksak atau yang udah ada di sekolah, yang perlu kalian tau itu ilmu pengetahuan umum, Kalian tau ga bahwa Amerika hampir gagal bayar utang (default) tapi ternyata enggak cuman AS doang yang was-was tapi semua negara juga ikutan was-was soalnya kan AS negara patokan dunia, atau capung kalau lagi bercinta itu membentuk formasi ""love"" tau. Atau apapun yang bisa kalian ketahui tapi enggak dari pelajaran sekolah, terus ada lagi  bulan depan twitter akan pasang iklan di timeline kalian. Tapi kayanya bukan dalam bentuk tweet deh, kayanya semacam iklan aja gitu di atas atau di bagian bawah. Terus kalian tau apa itu google+
Gue yakin dari semua yang gue sebutin tadi enggak semua kalian tau, makannya kalian harus belajar, tapi bukan 'belajar' dalam arti ngerjain PR, itu bukan belajar namanya, itu cuman menggugurkan kewajiban belajar. (Oke, gue emang enggak lebih baik dari kalian, gue cuman mau ngingetin aja. Kalo ga bisa ngasih contoh ya mengingatkan boleh kan?... Jadi kalian jangan langsung ngejelekin gue gitu dong, gue udah jelek neh)
Lalu gue mau cerita dikit ya tenang kegaluan gue, hhhe. Huh rada seneng juga si kalo si Harpot masuk ke Indonesia tapi sayang seribu sayang mulainya bukan saat nomat jadinya gue enggak bisa nonton, lalu senin nanti udah puasa, kalo nonton pas puasa takut batal aja kan sering tuh orang segaja buka di mall, gue takut aja tergiur. Tapi lebih parahnya lagi, gue takut enggak sempet nonton kalo gue nunggu lebaran. Lalu kalo enggak nonton bener-bener dong, gue cuman nonton harpot di bioskop cuman DH#1 doang sisanya gue nonton di tipi atau dividi, nyesek juga si baru nyadar ternyata gue bukan fans fanatik harpot, padahal gue udah fanatik banget ama Harpot. Oia kalian tau kan apa itu harpot, itu harry potter loh, yang pas tuh film udah bisa masuk indonesia ampe-ampe di jadiin berita.... oia dadah ya HARRY POTTER. Udah dulu ya see you.

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon