Sekolah Cerdas ComdevUNJ

10/08/2014
Salah satu kegiatan pengajaran
Pertama-tama mau ngasih tahu dulu comdev itu adalah sebuah organisasi dibawah sospol BEMUNJ yang kepanjangannya adalah Community Development. Sebuah organisasi yang bertujuan memberdayakan dan mengembangkan masyarakat. Sejauh ini COMDEV sudah punya 7 tempat. Gue berada di salah satunya. Namanya Rumah Cerdas ComdevUNJ (@SCcomdevunj) yang terletak di Rusun Pinus Elok di bilangan Penggilingan, Jakarta Timur.

Oh iya, nama awalnya bukan Rumah Cerdas ComdevUNJ. Tapi Rumah Cerdas Islam Cemerlang, alasannya si karena kami menumpang disebuah pengajian yang bernama Islam Cemerlang. 

Ini juga bukan lokasi awalnya Rumah Cerdas. Lokasi awalnya terletak di Pedongkelan seberang ITC cempaka mas, di Waduk Ria Rio. Yang tahun lalu baru aja digusur, tapi sialnya sejauh ini yang digusur hanya warga yang masuk daerah pemberdayaan kami. Sisanya masih banyak yang belum digusur. Tapi bukan ini yang mau jadi fokus dari postingan kali ini.

Kali ini saya mau berbagi sedikit setelah kurang lebih dua tahun rajin-enggak rajin- rajin lagi buat dateng ke Pengajaran Comdev (Pengajaran adalah salah satu kegiatan utama kami). Tempat di mana kami lebih sering bercanda daripada sleg, lebih sering ketawa, lebih diterima walau enggak memberi kontribusi yang berarti, karena bagi kami kehadiran itu selalu punya arti.

Entah kenapa disinilah saya merasa senyama n-nyamannya sebuah organisasi yang pernah saya ikutin. Organisasi ini adalah organisasi yang nilai kekeluargaannya paling besar kalau boleh berlebihan. Karena kami rata-rata berasal dari satu jurusan, PGSD UNJ namanya. Walaupun ini adalah organisasi mahasiswa Universitas tapi entah kenapa ini kayak organisasi jurusan PGSD soalnya hampir 95% anggota kami ya PGSD. 

Itulah kenapa nilai kekeluargaan kami sangat besar, soalnya kami enggak cuman ketemu pas Comdev aja, tapi kami juga ketemu di hari-hari saat perkuliahan. Namun di sisi lain kekeluargaan kami inilah yang agak menghambat kami untuk menjadi organisasi yang lebih baik. Sering banget obrolan yang seharusnya serius malah bercanda dan intinya enggak terlalu diperdulikan isinya. Atau diperdulikan tapi karena kami sangat akrab jadinya enggak enak kalau kami nagih sudah sejauh mana proker dijalankan.

Terlepas dari semua itu, saya sangat merasa Rumah Cerdas adalah tempat yang unik,  ia adalah rumah bagi anggotanya, di mana kekeluargaan adalah segalanya, di mana kami tidak bisa mencari musuh di sana, di mana kami akan memberi kontribusi nyata membangun bangsa. Kami optimis dengan COMDEVUNJ yang sudah menerima saya  banget.

Oh iya, akhir tahun ini comdev juga punya rencana buat jalan-jalan ke Jogja buat sekadar berlibur sekalian menghabiskan waktu bersama, jika itu sampai terlaksana, aku makin cinta sama comdev.


dua petinggi comdev,
saking mempesona gue harus memblur kan gambar nya.

aku yang keren

empat ketua yang pernah menjabat


pengenalan comdev di MPA UNJ 2014

salah satu kegiatan comdev

narsis an di kujung lebaran idul fitri

Tulisan ini didedikasikan untuk KOMBUN karena disana saya sedang belajar menjadi blogger bermanfaat dan menginspirasi.

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon