to-do-list Single Person

1/24/2017

Sebagai fresh graduate dari Universitas Cinta yang Kandas (UCK), gue akan membagi beberapa hal yang harus dilakukan, maupun hal yang seharusnya enggak dilakukan ketika menjadi seorang single. Hanya sebatas bagi-bagi tips aja. Berbagi ilmu, jangan terlalu dijadikan pedoman. 

Tapi jika dirasa bermanfaat bolehlah dikirim ke temen-temen yang baru atau udah lama single. Kalo ingin mengundang gue dalam kehidupan kisah cinta kalian, boleh lah nulis kontak di kotak komentar dibawah. Eh

Baik, sebagai seorang jomlo yang baik. Hal pertama yang harus masuk dalam pemikiran lu adalah hidup enggak melulu soal pasangan. Atau bahkan hidup lu, dan obrolan lu enggak akan berkembang kemana-mana kalo sedang memiliki pasangan (apalagi untuk hubungan yang umurnya baru 1-2 tahun). 

Gue sudah meneliti beberapa orang terdekat, yang sedang berada dalam sebuah hubungan, kebanyakan dari mereka kerjaannya selalu berhubungan sama pasangannya. Misalnya pergi bareng pasangan, nge chat pasangan, dan kalo lagi ngumpul ya yang diomongin pasangannya juga. Atau yang terparah ngumpul sama temen eh pasangannya dibawa.

Daripada basa-basi berikut to-do-list Single Person

Milikilah Hobby

Perlu diluruskan bahwa sering ngechat mantan, stalking twitter mantan, nyari mantan di tinder, kirim salam lewat temennya gebetan, bercanda mesum, atau memandang gebetan dari jauh tidak dikategorikan sebagai hobby

Hobby yang gue maksud itu 'pelarian' saat lu ngerasa sepi. Hobby yang bisa lu lakuin berjam-jam tapi enggak membosankan. Hal itu harus secara reguler lu lakuin. Sehingga lu bisa menghilangkan sepi yang dirasa.

Gue punya beberapa referensi
Lakuin hobby-hobby baru, atau hobby lama yang berhenti karena hubungan (misalnya lu baru putus). 

Misalnya lari pagi/sore, baca buku, mengunjungi perpustakaan, ngerakit robot di minecraft, atau sekadar berjam-jam spaming di grup What'sApp.

Gue si lebih nyaranin hobby yang bisa dilakukan sendiri. Karena ketika lu butuh orang lain dalam hobby dan ada kondisi orang itu enggak bisa, lu tau sendirilah gimana jadinya.

Yes Man

Sebagai seorang single lu harus menjadi manusia yang 'ayoan'. Diajak nongkrong bisa, diajak jalan-jalan bisa, diajak sekadar ngenjreng gitar bisa. Pokoknya jangan jadi orang yang mager. Sebab ketika lu jadi orang yang 'ayoan' temen-temen lu akan selalu ngajak lu. Dan lu akan selalu punya kegiatan.

Karena jadi Yes-Man kayaknya mahal, jadi ketika lu lagi enggak punya duit ya bilang aja. Karena jika dia teman yang baik dia bakalan traktir lu pas ada duit, atau dia akan ngajak ketempat yang enggak perlu ngeluarin duit kalo dia juga lagi enggak ada duit. Misalnya ke kalijodo gitu.



Pria : Bersih, Wangi, Rapi + Cerdas
Wanita : Maching, Lembut, Tidak cacat sosial, Teman ngobrol yang asik

Itu adalah hal yang harus dilakukan ketika lu jadi single selanjutnya.
Pas jomlo jadilah jomlo yang elegan. Biar lu enggak disangka jomlo karena emang pantes aja jadi jomlo.

Bagi seorang pria lu hanya perlu bersih, wangi, dan rapi untuk memancing lawan jenis untuk mulai interaksi sama lu. Dan cerdas ketika dia memutuskan untuk berinteraksi.

Lu perlu bersih, rapi untuk memancing wanita dari jauh untuk mendekat. Ketika dia sudah dekat, lu perlu wangi untuk membuat dia pengen berinteraksi sama lu. Dan ketika lawan jenis terpancing untuk berinteraksi, lu harus jadi orang yang cerdas dalam berinteraksi. Tau kapan harus ngomong biar keliatan cerdas, tau kapan harus mancing nanya biar ada obrolan aja.

Enggak gampang si, tapi kenapa enggak dicoba?

Bagi seorang wanita lu perlu maching dalam berpenampilan, lembut dalam bertutur (dan tangannya), tidak cacat dalam berinteraksi di lingkungan sosial, serta teman yang asik pas ngobrol.

Maching dalam berpenampilan artinya pandailah memadupadakan busana. Kalau belum fasih cek aja #OOTD di instagram. Jangan pernah memadukan warna biru tua, dan merah dalam pakaian lu, karena itu nambrak dan enggak banget. Pakailah warna yang rasanya serasi dari atas hingga bawah. 

Jadilah wanita yang lembut dalam bertutur dan lembut juga tangannya. Tutur dalam berkata bukan artinya lu jadi wanita yang ngomong aja pelit. Bukan. Tapi baiklah dalam bertutur tau kapan harus jawab pertanyaan dan tau kapan harus nanya balik (biar obrolan terus berlanjut). Emang si wanita yang tangannya kasar itu orangnya rajin nyuci piring, baju dan lainnya. Tapi ketika seseorang pria pdkt dia enggak secara hakiki nyari istri yang mirip pembantu. So rawatlah tanganmu, girls.

Setelah hal visual tadi, tambahlah dengan pola pikir yang seru untuk digali dalam berinteraksi. Ya biar ada obrolan aja gitu.

Ps:
Beberapa paduan warna yang nabrak: Hijau tosca-pink, ungu-kuning, biru muda-pink, hijau-kuning, jingga-kuning, coklat-kuning, merah-kuning
Hal diatas nampaknya akan jadi norak kalo dipadukan.

NO MALL IN THE WEEKEND



Mall saat weekend memang diciptakan bagi yang sudah berpasangan. Baik hanya pacaran, maupun pasangan yang sudah punya hasil buah hubungan mereka. Enggak cuman mall aja si, segala jenis tempat keramaian akan selalu penuh dengan orang-orang yang kasmaran. Taman, pantai, gunung, tempat makan, atau bahkan jembatan (buat kaum pelit sama pasangan).

Jadi bijaklah dalam mengunjungi mall.

Nah hal-hal tadi adalah beberapa yang harus lu lakuin ataupun harus lu hindari ketika menyandang gelar jomlo. Enggak usah dianggap pusing, anggep aja sebagai masukkan dalam menjalankan pekan kesendirian.


See You

Tulisan ini adalah bagian dari tema bulan Januari 2017 Kombun  - #KombunJan2017

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 kicauan

Write kicauan
Jagad Raia
AUTHOR
24 Januari 2017 18.25 delete

Sekedar, sekadar. Mau yg mana? Kata awal juga kepotong. Dibuatnya dalam waktu yg sesendirian ya mblo... hehehehe..... tips nya boleh juga, menghayati sekali yg nulis..

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
24 Januari 2017 20.57 delete

Makasih bang atas koreksinya.
Apaan si lu mblo....

Semangat menjalani pekan kesendirian

Reply
avatar
nuzulafitriah
AUTHOR
2 Februari 2017 18.01 delete

Gimana menghindari mall di weekend dick, banyak potongan harga bertebaran pas lg weekend. *minta solusi

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
2 Februari 2017 21.51 delete

Kalo gitu ya kamu harus tahan menghadapi cobaan.

Reply
avatar
4 Februari 2017 08.28 delete

Sebenernya mau ngomel-ngomel bilang, "Apaan YES MAN, diajak kumpul aja jadwalnya susah!"
Kemudian gue inget Cihuy. Yaudah, deh, gak jadi komentar kalo gitu.

Reply
avatar
Baby Fathonna
AUTHOR
6 Februari 2017 02.42 delete

Padu padan warna yang nabrak itu, apakah sudah sesuai dengan teori kombinasi roda warna? *efek anak tabus*

Reply
avatar
Tisyvana Linh
AUTHOR
11 Februari 2017 12.52 delete

Thanks banget untuk tipsnya. Kalau cewe mau ngobrol sama cowok yang pendiem gitu mesti gimana ya buka obrolannya? Salah nggak sih kalau cewek sedikit agresif

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
12 Februari 2017 12.06 delete

Gue pun bingung harus membalas komentar ini.

There's no cihuy anymore

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
12 Februari 2017 12.20 delete

Nampaknya itu tidak selalu sesuai dengan teori kombinasi roda warna. Karena saya bertanya kepada wanita yang tidak pernah salah.

Reply
avatar
Dicky Renaldy
AUTHOR
12 Februari 2017 13.10 delete

Tidak ada yang salah dari memulai duluan
Itu menjadi salah ketika kamu tidak bisa membedakan antara malu atau memang tidak mau sama kamu

Reply
avatar

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon