Aku berubah

11/25/2017
Dokumentasi pribadi
Setelah lebih dari setahun berada di lingkungan yang sama, orang yang sama, dan rutinitas yang sama, seakan pola pikir yang terbentuk mengikuti arus. Semua seakan menjadi sama saat kamu berinteraksi terus dengan hal-hal tadi. Seperti pemaksaan alam, pemaksaan yang cukup kuat. Terlalu kuat.

Percayalah dunia kerja perlahan-namun-sangat-pasti akan memberi pengaruhnya terhadap dirimu. Dirimu yang idealis, punya prinsip, punya sudut pandang tersendiri perlahan akan tergerus. Dirimu akan memaksakan diri untuk berada dalam posisi amanmu. Dan segala anganmu dulu akan tergerus, tertutup. Tergerus hingga tipis, tertutup berlapis-lapis. Hingga saat kamu sadar, kamu bukanlah dirimu yang kamu banggakan, dulu.

Aku telah berubah. Itulah diriku, kini.

Yakinku cukup kuat bahwa memang demikian. Aku berubah.

Walau dengan keras aku melawannya, alam tetap mempunyai kuasanya untuk mengubahku. Aku yang idealis, prinsipil, punya sudut pandang tersendiri sudah tiada. Yang ada hanyalah aku yang berusaha menerima aku yang baru. Yang dari dulu aku takuti.

Tapi aku tak bisa. Teriak nuraniku.

Aku tidak bisa terus seperti ini. Aku ingin, aku tetap aku yang dulu. Yang kuat, (sok) idealis, dan punya sudut pandang tersendiri akan dunia. Aku tidak ingin terjebak di rutunitas yang sama ini terus menerus. Namun, aku terlalu takut untuk mengambil langkah kecil untuk melawan perubahan tadi. 

Dan, aku sudah terjebak dalam posisi amanku.

Ini yang aku takutkan, aku yang lebih memilih untuk berada di posisi nyaman. Posisi yang seharus tidak secepat ini aku tempati.

Aku yang dulu selalu bertindak karena aku ingin bertindak, telah berubah. Kini, aku bertindak karena aku disuruh, bagian dari tugasku, atau yang terparah, segala tindakanku berdasar atas nominal yang aku terima. Ini mencederai prinsipku. Yang membuat diriku menjadi orang yang melakukan hal-hal yang tidak mengembangkan.

Aku harus bagaimana?

Aku hanya bisa mengeluh.

Kuharap kamu tidak mengeluh.


ps:
maaf konten sama gambarnya enggak nyambung :p

Seorang guru muda yang akan selalu belajar dari peserta didiknya, karena "Pembelajaran tidak hanya terjadi dari guru ke peserta didik, namun sebaliknya pun demikian".
Terimakasih Sudah Membaca

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

1 kicauan:

Write kicauan
Feby RD
AUTHOR
27 November 2017 13.49 delete

Hmmmmmmm seperti itu ...

Reply
avatar

Komentar tanpa moderasi tapi saya akan perhatikan setiap komentar.
I Love your comment EmoticonEmoticon